);

Mungkin kita pernah sama-sama jatuh cinta, lalu menyambung perasaan itu dengan jenis feeling yang sama yang ada pada orang lain. Dan mungkin juga kita pernah sama-sama kehilangan akses untuk tetap saling terhubung via reaksi abstrak itu satu sama lain setelah beberapa waktu. Setelahnya, kita hanya sebuah masa lalu.

Lantas, jika tanpa disadari setelah sekian lama masa lalu itu masih saja hidup dalam dirimu, apa yang akan kau lakukan ketika  batinmu masih mengingatnya dengan utuh?

Begini. Seseorang bisa saja merasa suka dan bersandar pada sosok spesifik dalam hidupnya untuk waktu yang lama. Namun bukan berarti orang itu akan dibiarkannya berlama-lama ada di dalam hidupnya.

Terserah jika untuk waktu yang lama kalian saling berbagi perasaan yang sama. Namun waktu punya caranya sendiri untuk mengurangi kualitas sesuatu. Jika waktu tidak berhasil menghapus perasaan itu padamu, mungkin pada hati satunya lagi. Sekali lagi, tiba-tiba kita hanya menjadi sebuah masa lalu.

Sebagian orang peduli dengan masa lalunya. Yang menyusun rapi catatan-catatan kenangan dari perjalanan hidupnya dalam memori kapasitas besar di kepalanya. Sesekali, mungkin catatan itu akan dibacanya dan merasakan rindu pada beberapa keadaan.

Sebagian lainnya, justru memperlakukan masa lalu seolah tidak ada yang berperan penting di situ. Yang sengaja menyembunyikan catatan-catatannya beberapa tahun yang lalu jauh-jauh agar tidak terbuka lagi dan mengganggu. Bagi orang seperti ini, apapun situasinya, masa lalu tetaplah sebuah masa lalu. Tidak ada tempat untuk hal-hal lama itu untuk kembali hidup di garis waktunya setelah semua berlalu.

Tidak ada yang tau, jenis sikap yang mana yang lebih bagus terhadap masa lalu. Percaya tidak percaya apapun jenis masa lalunya, ia tetap penting untuk disimpan dan perlu untuk diabaikan. Semua tergantung intuisi masing-masing dalam menghadapi apapun jenis situasinya. Karena mau tidak mau, suka tidak suka, masa lalu tidak akan bisa lepas darimu. Meskipun orang bilang masa lalu adalah masa lalu.

Jadi jika suatu hari tiba-tiba kamu kepikiran mantan dan kangen, jangan sedih kalau mereka malah seolah menghindar dari kamu. Mungkin itu karena waktu berhasil menghapus kamu dari dia, dan waktu tidak melakukan apapun pada hatimu. Sounds cheesy but true.