);

I once wrote that in life, we shouldn’t rush to things, to a lot of things. Semua ada waktunya, semua bunga mekar pada musimnya. Dengan kata lain, ‘on time’nya kita beda-beda.

Kamu dapat kerjaan bagus di saat baru saja melepas kerjaan boring yang bikin kamu makan hati? Itu bisa dibilang on time. Kamu nganggur bertahun-tahun sampai akhirnya baru sadar kalau kamu bisa jualan jasa design dan tidak perlu ngantor? Itu juga bisa dibilang on time.

Sekali lagi, on time nya kita beda-beda.

Kamu ketemu seseorang di tempat kerja baru lalu kalian saling cinta kemudian bahagia berdua? Katakan cinta datang begitu tepat waktu ke kamu. Kamu ketemu kenalan dari masa kuliah lagi suatu hari di suatu tempat lalu tiba-tiba ada ‘listrik’ dan kemudian saling cinta dan bahagia berdua? Cinta juga datang tepat waktu di kasus ini.

 

OK Paham, Terus?

Sebelum lebih jauh dan kemana-mana, tadinya saya terpikir untuk menulis ini setelah mendengar Love Is Easy-nya Rex Orange County. ‘Until love came in on time, on time’ katanya. Mendengar kata on time mendadak saya kepikiran sejauh apa on time bekerja dengan cara berbeda-beda pada setiap orang. Lebih spesifik lagi, on time dalam persoalan jatuh cinta.

Seperti yang saya sebut sebelumnya dan pernah bahas di tulisan lainnya, kita punya masa bersemi sendiri-sendiri. Dan semua benar-benar terjadi, sedang terjadi, dan akan terjadi tepat pada waktunya. Ingat, tepat waktu menurut kita tidak selalu sejalan dengan tepat waktu yang direncanakan si Pemilik Waktu itu sendiri.

Mungkin seseorang harus berkali-kali jatuh cinta lalu patah hati lebih dulu sebelum pada akhirnya bertemu dengan jenis hadir yang tepat dan membuat semua broken pieces, semua bleeding wound, semua trust issues-nya terobati. Mungkin seseorang memang harus dikecewakan berkali-kali lebih dulu sebelum dipertemukan dengan sosok yang membuatnya ‘terbang’.

Sekali lagi, tepat waktu kita semua berbeda. Jika menurutmu kamu sedang bertemu seseorang yang terasa tepat namun semua tidak berjalan sesuai harapan, jangan pernah salahkan waktu sebagai ‘waktu yang tidak tepat’. Percayalah, tidak ada orang yang tepat akan bertemu denganmu di waktu yang salah. Tidak ada waktu yang tepat untuk orang yang salah. Semua hadir adalah hadir yang tepat di waktu yang tepat.